LKPP dan IsDB Dukung Pelaku Usaha Dalam Negeri Ikut PBJ Internasional

Dukungan Pemerintah dalam memberikan peluang usaha seluas-luasnya bagi pelaku usaha nasional terus dilakukan. Dukungan tersebut salah satunya diberikan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) terhadap pelaku usaha nasional untuk ikut serta dalam pengadaan barang/jasa (PBJ) dengan pendanaan mitra pembangunan baik di dalam maupun luar negeri.

Direktur Pengembangan Iklim Usaha dan Kerjasama Internasional LKPP Dwi Wahyuni Kartianingsih menyampaikan bahwa pemerintah melihat peluang yang sangat besar bagi pelaku usaha nasional untuk ambil kesempatan dalam pengadaan barang/jasa Internasional yang pendanaannya berasal dari mitra pembangunan. Oleh karena itu, LKPP bersama Islamic Development Bank (IsDB) menyelenggarakan Seminar Peluang Usaha dalam pengadaan barang/jasa internasional pada proyek-proyek yang didanai IsDB pada Rabu (31/8) secara daring.

“Seminar peluang usaha ini menjadi ajang berbagi informasi dan pengalaman mengenai Pengadaan Barang/Jasa Internasional antara pelaku usaha, mitra pembangunan, dan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait. Kita sama-sama dengar bagaimana proses bisnis di IsDB dan tips untuk bagaimana memenangkan tender disana. Kita raih kesempatan berusaha.” Ungkap Dwi.

Lebih lanjut, Manager Project Procurement Division IsDB Aamir Ghani Mir mengungkapkan kerja sama dan kolaborasi antara LKPP dengan IsDB dilakukan guna memberikan informasi dan pengalaman kepada para pelaku usaha nasional terkait regulasi dan kebijakan IsDB dalam pendanaan proyek pengadaan barang/jasa Internasional. Hal ini diharapkan dapat memberikan peluang dan meningkatkan keterlibatan pelaku usaha untuk ikut serta pada pada proyek-proyek pengadaan Internasional yang didanai IsDB.

“Dari seminar peluang usaha ini, IsDB dan LKPP berharap dapat memberikan informasi, panduan, dan ilmu yang sangat penting bagi para pelaku usaha nasional berupa tips untuk mencapai potensi dan peluang usaha proyek pengadaan internasional yang didanai oleh mitra pembangunan sehingga pelaku usaha nasional dapat mempersiapkan diri dengan matang dalam mengikuti tender.”

Dalam sharing session terkait keberhasilan dalam mengikuti Pengadaan Barang/Jasa Internasional yang didanai oleh IsDB, Septiawan Andri Purwanto Director for Business Development PT Waskita Karya mengatakan pentingnya untuk selalu mempersiapkan persyaratan dengan matang sejak tahap awal pengadaan, tentunya akan membuka peluang keberhasilan lebih besar.

Senada dengan hal tersebut, Direktur PT Virama Karya Merlany Legitasari mengungkapkan perlunya memelihara hubungan yang baik dengan perusahaan nasional dan internasional (bertukar peluang informasi, pengetahuan, dan ahli), berkolaborasi dengan kelompok ahli dari lintas disiplin dalam mengejar proyek tertentu, melakukan analisis pasar untuk peluang nasional dan internasional berdasarkan Strategi Pasar MDB (Multilateral Development Bank), serta meningkatkan kemampuan dan kapasitas personel dalam menyiapkan proposal teknis untuk proyek ICB.

LKPP berharap Seminar Peluang Usaha dalam Pengadaan Barang/Jasa Internasional pada proyek-proyek yang didanai IsDB dapat menjadi angin segar bagi para pelaku usaha untuk dapat memperluas jangkauan usahanya baik di dalam maupun luar negeri.

 

Sebagai informasi, para pelaku usaha yang ingin ikut serta dalam Pengadaan Barang/Jasa Internasional dengan didanai IsDB dapat mengakses tautan di bawah ini:

Link for Consultants Portal:
https://www.isdb.org/project-procurement/portal

Link for Procurement Documents:
https://www.isdb.org/project-procurement/documents

Link for Procurement e-Learning:
https://www.isdb.org/project-procurement/learning-resource

Sumber : LKPP

Leave a Reply