Kepala LKPP Ajak Walikota Gorontalo Rangkul UMKM Lokal

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Hendrar Prihadi menerima audiensi Walikota Gorontalo Marten Thaha pada Kamis (10/11) di Gedung LKPP. Didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia LKPP Sutan Suangkupon Lubis dan Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah Setya Budi Arijanta, Pria yang akrab disapa Hendi ini menyambut hangat kehadiran Marten yang ingin mendiskusikan beberapa hal terkait pengadaan barang/jasa pemerintah, utamanya terkait Katalog Elektronik Lokal.

Hendi mengatakan, bahwa amanat Presiden RI terkait peningkatan penggunaan produk dalam negeri (PDN) dan produk usaha mikro, kecil dan koperasi (UMK-Koperasi) harus digarap dengan serius. utamanya untuk peningkatan belanja negara yang efektif dan efisien.

“Mendorong UMKM itu penting sekali, UMKM harus dibantu, digiring untuk masuk katalog lokal, dikumpulkan dan dipastikan sudah ada NIB belum, kemudian disupervisi sampai tayang,” terang Hendi.

Hendi menambahkan, yang harus didorong saat ini adalah bahwa penyedia perorangan dapat mengikuti pengadaan pemerintah. “Mindset untuk UMKM jangan hanya makan minum, material konstruksi yang toko bangunan, penjual pasir, penyedia perorangan boleh, diberikan NIB, disarankan untuk mendaftar agar ekonomi tumbuh,” ungkap Hendi.

Diakhir kesempatannya, Hendi mengatakan bahwa saat ini pemerintah juga telah menerapkan penggunaan kartu kredit pemerintah untuk digunakan sebagai salah satu metode pembayaran. Hal tersebut akan menghapus keraguan para pelaku UMK-Koperasi untuk bertransaksi dengan pemerintah.

“Saat ini pelaku usaha kesulitan karena transaksi dengan pemerintah pembayaran lama. Nah saat ini sudah dapat menggunakan kartu kredit pemerintah, sehingga UMKM akan terbantu dengan pembayaran yang lebih cepat,” kata Hendi.

Sumber : LKPP

Leave a Reply