Reformasi Birokrasi Dorong Belanja Produk Dalam Negeri demi Kurangi Kemiskinan

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar ASN Culture Fest 2022. Pesta perayaan budaya kerja sejak setahun diluncurkannya core values BerAKHLAK oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini jadi bagian dari program reformasi birokrasi, yang bakal turut berdampak terhadap pengurangan tingkat kemiskinan di masyarakat.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, salah satu target prioritas reformasi birokrasi yang diusung Jokowi, menggencarkan program Bangga Produk Buatan Indonesia untuk pengendalian inflasi.

Instansi pemerintah baik kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah (pemda) bakal mendapat penilaian bagus, bila dalam tata kelolanya mendorong pembelanjaan produk dalam negeri secara terukur di e-Katalog.

“Ini adalah arahan bapak Presiden dalam rangka agar ekonomi kita bisa terus bertahan, rakyat kita sejahtera, kemiskinan kita tentu berkurang,” kata MenPAN RB Azwar Anas, Selasa (13/12/2022).

“Ini adalah dampak dari reformasi birokrasi yang diminta bapak Presiden untuk menjadi nyata dan dirasakan oleh rakyat kita,” tegas dia.

Anas kembali menyampaikan, ia mendapat pesan dari Jokowi agar pelayanan birokrasi ini bisa berdampak jelas. Pasalnya, pemerintah kerap terkesan sibuk, padahal dampaknya tidak terukur.

“Oleh karena itu, dengan core value baru berAKHLAK ini tentu harapan kita ke depan, apa yang dikerjakan birokrasi ini dampaknya terukur,” imbuh Anas.

Jokowi juga meminta agar birokrasi bukan hanya sekadar tumpukan kertas, serta dapat lincah dan berdampak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Maka pelayanan publik, penataan SDM, reformasi birokrasi ini orientasinya ke depan harus bisa diukur dengan dampak yang nyata,” pinta Anas.

Sumber : liputan6

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 5 =