Jokowi Getol Kampanye Produk Dalam Negeri, Jangkauan UMKM Jadi Luas

Geliat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terus tumbuh dinilai menjadi salah satu faktor penyelamat ekomomi bangsa di tengah ancaman krisis global. Dukungan kuat dari pemerintah menjadi pemantik bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Apalagi dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo terus mengampanyekan agar semua pihak lebih mengutamakan penggunaan produk dalam negeri. Alhasil, produk yang dihasilkan UMKM kini memiliki pangsa pasar yang lebih jelas.

1. Pendampingan dan pelatihan untuk UMKM masif digelar

Anggota DPR RI, Adisatrya Suryo Sulistio, menyebut Pemerintahan Jokowi memiliki perhatian yang begitu besar terhadap perkembangan UMKM. Bahkan, pendampingan dan pelatihan bagi pelaku usaha pemula juga massif dilakukan demi tumbuhnya semangat entrepreneur dalam jiwa generasi muda Indonesia.

“Kita lihat sekarang ada pendampingan dan pelatihan untuk UMKM. Penjualan dan akses pasarnya juga diperhatikan. Saya rasa ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintah pada UMKM,” kata Adisatrya saat menjadi narasumber dalam seminar nasional bertajuk ‘Memperkuat UMKM Dalam Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Menuju Indonesia Maju’ di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

2. Jokowi ikut dorong permodalan

Lebih jauh ia juga memuji kebijakan Jokowi dalam mendorong bank-bank BUMN sebagai penyokong permodalan UMKM. Menurutnya langkah yang digagas Jokowi tersebut mampu mewujudkan UMKM naik kelas.

“Langkah yang dipikirkan Pak Jokowi sangat baik dan tepat. Saya sebagai anggota komisi VI sangat mendukung dan mendorong itu,” tegasnya.

3. Digitalisasi bikin jangkauan lebih luas

Adi mengakui bahwa Pemerintahan Jokowi sangat berpihak terhadap kemajuan UMKM. Dia pun melihat pemerintah sangat aktif dalam mendukung kemajuan UMKM melalui berbagai program dan kebijakannya.

Adi juga mengapresiasi upaya Pemerintahan Jokowi dalam mendorong UMKM go digital. Langkah ini menurutnya dapat membuka akses pasar semakin luas bagi UMKM.

“Digitalisasi yang didorong oleh Pak Jokowi sangat penting untuk pelaku usaha. Digitalisasi akan membuat jangkauan lebih luas sehingga produk-produk atau jasa yang dihasilkan UMKM itu lebih bisa tersebar luas dan tepat,” terangnya.

sumber : IDN Times

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 4 =