Menyerap Kebangkitan Produk Dalam Negeri di Sektor Kesehatan

Kepercayaan masyarakat terhadap bangkitnya kemampuan produk dalam negeri yang dapat diandalkan menjadi salah satu keunggulan tersendiri bagi sebuah perusahaan, baik itu untuk jangka menengah maupun jangka panjang.

Selain ada potensi dalam membangun branding, hal lainnya yang bisa diandalkan termasuk dalam aspek penguasaan dan penyerapan teknologi. Salah satunya dalam pengembangan produk dalam negeri di bidang kesehatan, melalui kemudahan akses bagi para tenaga kesehatan yang tersebar di seluruh pelosok di Indonesia.

Berangkat dari sana, PT Enseval Putera Megatrading Tbk (EPMT) memperluas jangkauan distribusi produk alat kesehatan (alkes) ke seluruh wilayah Indonesia, bersama produsen jarum suntik PT Oneject Indonesia (OJI) dan PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA).

“Kerja sama strategis ini akan berupaya membuka kunci-kunci dari jalur distribusi, sehingga secara bertahap juga pada akhirnya akan mampu meningkatkan produksi jarum suntik yang dihasilkan OJI, seiring dengan pemenuhan permintaan pasar yang semakin luas. Di sisi lain, tim riset dan pengembangan OJI juga berpotensi untuk senantiasa menambah baik cakupan, inovasi maupun teknologi yang mampu memenuhi permintaan pasar di era digital saat ini, sehingga berbagai adaptasi produk terus dilakukan sejalan dengan kemampuan distribusi EPMT yang unggul,” ujar Direktur Utama PT OJI Jahja Tear Tjahjana, dalam keterangan resminya, Senin, 30 Januari 2023.

Direktur Utama IRRA Heru Firdausi Syarif menambahkan, masyarakat yang membutuhkan akses untuk mendapatkan produk jarum suntik pintar (smart syringe) yang aman, berkualitas, dan diakui di dunia internasional akan segera dapat terpenuhi. Kami berharap perluasan pasar OJI melalui kerja sama ini, akan menjangkau seluruh lokasi strategis, terutama di wilayah atau daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) dengan seluruh aspek yang terdapat di Indonesia.

“Kerja sama distribusi yang disepakati diharapkan dapat meningkatkan kemudahan akses bagi para tenaga kesehatan yang tersebar di seluruh pelosok di Indonesia. Untuk itu kami optimistis melalui pemanfaatan jalur distribusi yang dimiliki oleh EPMT, produk alat suntik OJI menjadi lebih mudah lagi dimanfaatkan seluruh masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Presiden Direktur EPMT Jos Iwan Atmadjaja mengatakan kompetensi OJI selaku produsen jarum suntik berteknologi tinggi, reputasi produknya dibuktikan oleh organisasi dunia Unicef (United Nations International Children’s Emergency Fund). “Untuk itu sinergi menjadi kata kunci kolaborasi tiga pihak antara EPMT, OJI dan IRRA dalam menjalin kerja sama ke depan, sehingga masing-masing tetap optimistis, setiap upaya yang dilakukan untuk melayani masyarakat dengan lebih baik, akan dapat menghasilkan efek positif terhadap kinerja masing-masing perusahaan yang terlibat dalam kerja sama ini,” ujar Jos Iwan Atmadjaja.

Adapun kerja sama yang solid antarperusahaan, akan mampu mendistribusikan produk-produk OJI sesuai harapan semua pihak. Terutama dalam upaya memenuhi harapan pemerintah, guna meningkatkan lebih besar lagi serapan produk alat kesehatan dari dalam negeri.

“Diharapkan kerja sama ini bertujuan memperluas pasar ritel di dalam negeri, sambil mengisi pangsa yang masih terbuka di seluruh penjuru Nusantara. Dengan demikian OJI yang sudah mendominasi pasar jarum suntik di Indonesia, akan terus konsisten memperluas pangsa ekspor sejalan dengan upaya peningkatan demand di pasar ekspor yang kian signifikan,” paparnya.

Sumber : Medcom