Dorong Pemanfaatan Produk Dalam Negeri, Pelaku UMKM Banyuasin Ikuti Bimtek

Bertempat di Auditorium Pemerintah Kabupaten Banyuasin, dengan diikuti kurang lebih 400 orang peserta, dorong pemanfaatan produk-produk dalam negeri Pemerintah Kabupaten Banyuasin gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) e-katalog lokal dan toko daring bagi PPK, pejabat pengadaan serta pelaku usaha, Kamis (16/2/23).

Berlangsung selama dua hari pada tanggal 15 dan 16 Februari 2023, kegiatan tersebut dilakukan Pemkab Banyuasin bertujuan untuk mendorong para pejabat Pengadaan, PPK dan pelaku UMKM di Banyuasin, untuk berpartisipasi dalam pengadaan barang/jasa di pemerintahan.

Bachori AP,. M.Si Plh. Asisten I dalam sambutannya membuka kegiatan itu menyampaikan, Bimtek tersebut Pemkab Banyuasin lakukan, dalam rangka menindaklanjuti Launching E Katalog Lokal Kabupaten Banyuasin yang sebelumnya telah dilaksanakan di Tahun 2022 lalu, serta Instruksi Bupati Banyuasin Nomor 027/30/INSTRUKSI/I/2020, tentang percepatan Belanja Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Usaha Kecil atau Mikro, melalui Katalog Elektronik Lokal Banyuasin.

Oleh karena itu dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Banyuasin, terus berupaya untuk mendorong para pelaku usaha lokal baik dari PPK, Pejabat Pengadaan maupun UMKM yang ada, untuk berpartisipasi dalam pengadaan barang/jasa di pemerintah dan mendorong akselarasi dalam pemanfaatan produk dalam negeri, terangnya.

“Karena pasar yang saat ini paling menjanjikan adalah dilingkungan pemerintah melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) maupun anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Adapun cara yang dipakai untuk menyerap itu, yakni tidak Laing dengan melalui e-Katalog lokal, tokoh daring dan program bela pengadaan yang ada,” terangnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Yulinda SKM., M.Si dalam keterangan menjelaskan, Komoditas e-Katalog Lokal Banyuasin yang telah tersedia saat ini dijelaskannya ada sebanyak 28 komoditas, dengan jumlah penyedia atau pelaku usaha yang telah masuk di e-Katalog Lokal ada sebanyak 164 yang sudah terdaftar dan sudah menayangkan produknya di Katalog Lokal Banyuasin.

Sementara untuk total produk lokal yang sudah tayang sebanyak saat ini ada sebanyak 1476 produk, oleh karena itu dia berharap hak itu akan terus bertambah, karena sebagai informasi data transaksi Kabupaten Banyuasin saat ini sudah mencapai Rp. 4.009.204.842, dimana OPD yang sudah melakukan transaksi itu yakni KPUD, BKPSDM, Kesbagpol, Disporapar, Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Banyuasin, jelasnya.

Sumber : Disway

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

52 − 43 =