Kelas Online

Memahami dan Meningkatkan

Kompetensi Teknis Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

11 - 22 April 2022

(8 Sesi Pertemuan @2 - 2,5 Jam)

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah adalah pengetahuan penting yang dibutuhkan Oleh banyak Pihak, dikarenakan sumber Anggaran yang digunakan adalah anggaran Pemerintah yang membutuhkan Akuntabilitas dalam setiap penggunaannya. Pihak utama dalam Pengadaan adalah Pengguna dan Penyedia / Vendor, Pengguna berasal dari unsur unsur Pemerintah yang menggunakan anggaran dengan sumber APBN dan APBD, sedangkan Penyedia/Vendor adalah pelaku usaha yang menyedia Barang maupun Jasa sesuai dengan ketentuan yang dibutuhkan oleh Pengguna.

Pihak lainnya yang penting memahami Pengadaan dari unsur TNI, Polri, Pengawas, Pemeriksa, Akademisi dan elemen masyarakat yang penting memahami Proses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagai elemen yang beririsan dalam koridor pekerjaan masing-masing.

Besarnya alokasi anggaran dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, sehingga menjadikan sektor ini menarik untuk diketahui dengan baik, bagi Penyedia/vendor merupakan peluang besar, apalagi saat ini Pemerintah mengalokasikan 40% anggaran pengadaan untuk sektor Usaha Mikro Kecil dan Koperasi dengan batas anggaran sebesar Rp. 15 Milyar untuk setiap paket pengadaannya.

Pelatihan ini untuk memberikan Pemahaman Kepada Berbagai Pihak yang ingin mendalami tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, kurikulum Pelatihan disesuaikan dengan kurikulum Nasional Kompetensi Teknis Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Level 1.

Kurikulum Kompetensi Teknis Pengadaan ini sangat lengkap, dan telah meliputi Sebagian besar kebutuhan Pengetahuan tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan baik Aparatur Sipil Negara, Penyedia / Vendor, maupun bagi yang ingin mendalami ilmu pengetahuan Pengadaan.

Manfaat Pelatihan

Penyedia/Vendor

Pelatihan ini akan sangat Bermanfaat bagi Para Pelaku Usaha maupun para calon pelaku usaha, yang akan turut serta dalam berbagai kegiatan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, baik melalui Tender, Seleksi, maupun Katalog Pemerintah. Untuk lebih memahami secara mendalam mengenai siklus, prosedur, dan regulasi pengadaan.

Pengguna

Akan memberikan pengetahuan bagi para ASN/PNS untuk melaksanakan berbagai tugas dalam pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di organisasi masing-masing, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Materi Pelatihan

1.

Pengantar Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management (SCM))

  • Konsep Dasar Manajemen Rantai Pasok
  • Keterkaitan Pengadaan dengan Manajemen Rantai Pasok
  • Penerapan Manajemen Rantai Pasok dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

2.

Pengantar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

  • Ketentuan Umum
  • Tujuan PBJ Pemerintah
  • Kebijakan PBJ Pemerintah
  • Prinsip PBJ Pemerintah
  • Etika PBJ Pemerintah
  • Aspek Hukum PBJ Pemerintah
  • Pelaku PBJ Pemerintah
  • Peran Usaha Kecil, Penggunaan Produk Dalam Negeri, dan Pengadaan Berkelanjutan
  • PBJ Pemerintah secara Elektronik
  • SDM dan Kelembagaan
  • Pengawasan, Pengaduan, Sanksi dan Pelayanan Hukum

3.

Perencanaan Pengadaan

  • Identifikasi/Reviu Kebutuhan dan Penetapan Jenis Barang/Jasa
  • Penyusunan Spesifikasi Teknis dan Kerangka Acuan Kerja (KAK)
  • Penyusunan Perkiraan Harga untuk setiap Tahapan Pengadaan
  • Perumusan Strategi Pengadaan, Pemaketan, dan Cara Pengadaan
  • Perumusan Organisasi
  • Risiko Perencanaan

4.

Pemilihan Penyedia Barang/Jasa Pemerintah

  • Reviu Dokumen Persiapan
  • Penyusunan dan Penjelasan Dokumen Pemilihan
  • Penilaian Kualifikasi
  • Evaluasi Penawaran
  • Pengelolaan Sanggah
  • Daftar Penyedia Barang/Jasa Pemerintah
  • Negosiasi dalam PBJP
  • PBJP dengan Persyaratan Khusus dan/atau Spesifik dan Pengadaan Khusus
  • Risiko Pemilihan Penyedia Barang/Jasa Pemerintah

5.

Pengelolaan Kontrak PBJ Pemerintah

  • Kontrak PBJ Pemerintah
  • Pembentukan Tim Pengelola Kontrak
  • Pengendalian Kontrak PBJP
  • Serah Terima Hasil Pekerjaan
  • Evaluasi Kinerja Penyedia Barang/Jasa Pemerintah
  • Perumusan Kontrak PBJP dalam bentuk kuitansi, bukti pembayaran/pembelian dan surat pesanan
  • Risiko Pengelolaan Kontrak PBJP

6.

Pengadaan Secara Swakelola

  • Perencanaan PBJP secara Swakelola
  • Persiapan PBJP secara Swakelola
  • Pelaksanaan PBJP secara Swakelola
  • Pengawasan PBJP secara Swakelola
  • Serah Terima Hasil Pekerjaan secara Swakelola
  • Risiko Pengelolaan PBJP secara Swakelola

Metode Pelatihan

  • Pemaparan Narasumber
  • Diskusi dan Tanya Jawab
  • Pembahasan Studi Kasus

Jadwal

  • 8 Sesi Pertemuan
  • 11 - 21 April 2022
  • @ 2 – 2.5 Jam
  • 09.30 – 11.30 WIB

Target Peserta

  • PNS/ASN
  • Vendor / Penyedia Pengadaan
  • CPNS, Auditor, Akademisi dan Pendidik
  • Bagi yang ingin Mendalami Pengadaan Pemerintah

Fasilitas dan Biaya

Rp. 1.250.000,-

Fasilitas

  • Mengikuti 8 sesi Pertemuan
  • Materi Paparan
  • Modul Pelatihan
  • 10 Video Rekaman Pelatihan
  • E – sertifikat
  • DoorPrize Menarik

ingin mengikuti kegiatan ini secara Gratis ?..mari bergabung bersama Asosiasi Vendor Indonesia

Daftar sekarang juga, dapatkan sejuta benefit kegiatan ini

Batas Akhir Pendaftaran : 31 Maret 2022

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

Bayar Sebesar Rp. 1.250.000 dan anda dapat mengikuti paket kegiatan ini

Gabung member dan dapatkan kegiatan ini + Benefit lainnya

Penyelenggara