Katalog Lokal Diharapkan Mendukung Optimalisasi Peran UMKM dan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) berharap katalog lokal dapat mendukung optimalisasi peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta penggunaan produk dalam negeri.

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan pihaknya telah mengeluarkan surat keputusan tentang penetapan tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di wilayah setempat.

“Selain itu juga ada surat edaran terkait petunjuk teknis pengadaan barang dan jasa melalui katalog lokal dan toko daring,” katanya, Senin 18 Juli 2022.

Sehingga dirinya berharap dengan adanya keterlibatan penyedia katalog lokal itu dapat mendukung peran serta UMKM dan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri yang secara langsung dinilai dapat mendukung program percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Saya menilai dengan katalog lokal itu, menjadi momentum yang sangat bagus bagi UMKM dan home industri kita. Karena dengan ini mereka bisa memasarkan produk dan jasanya secara online dan dapat dimanfaatkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kita dalam pemenuhan kebutuhan barang dan jasa pemerintah,” ucapnya.

Disampaikan bahwa katalog lokal sedang tahap proses penayangan produk. Dimana ada sebanyak 10 komoditas dan nantinya akan melibatkan penyedia katalog pada proses pelaksanaannya.

“Oleh karena itu, saya menginstruksikan kepada seluruh OPD untuk belanja produk dalam negeri melalui katalog lokal atau toko daring. Serta diwajibkan dalam setiap melaksanakan pengadaan barang dan jasa mempersyaratkan kandungan tingkat komponen dalam negeri dan produk dalam negeri,” ungkapnya.

sumber : matakalteng

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

45 − = 39