Mendes dukung penuh komitmen Presiden gunakan produk dalam negeri

Ternate (ANTARA) – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mendukung penuh komitmen Presiden RI Joko Widodo untuk terus menggunakan produk-produk dalam negeri.

Kita bersyukur sebagai bangsa Indonesia, beliau (Presiden RI) betul-betul memiliki komitmen yang amat sangat tinggi bagi kepentingan bangsa dan negara, ujar Mendes PDTT dalam sambutan di Gernas BBI 2022 di Benteng Oranje Ternate, Maluku Utara, Kamis.

Menurutnya, cara pandang Presiden RI sangat nasionalis. Bukan hanya cara pandang tapi juga sikap dan perilakunya betul-betul membanggakan bangsa Indonesia.

Presiden sangat serius menggaungkan produk dalam negeri, kata Gus Halim, demikian ia biasa disapa.

Ia menambahkan, kampanye Gernas BBI yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020 pun dikawal langsung oleh Presiden RI.

Presiden menggulirkan BBI dan mengawal sendiri. Setiap event, setiap momentum beliau selalu mengingatkan memakai dan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Bahkan K/L diawasi, dievaluasi termasuk Kemendes PDTT, tuturnya.

Bahkan, lanjut Gus Halim, Presiden Jokowi tak ingin lagi mendengar dana pemerintah digunakan untuk membeli barang impor.

Ia pun mengharapkan, dengan membeli produk dalam negeri khususnya hasil produksi BUMDes dan UMKM akan berimbas positif terhadap pertumbuhan ekonomi desa.

Melalui Gernas BBI ini kita berharap pelaku ekonomi, utamanya UMKM dan BUMDes dapat saling belajar dan mengembangkan usahanya berorientasi pasar sehingga berdampak pada ekonomi desa, ujarnya.

Menurutnya, dengan mengembangkan usaha berorientasi pasar maka produknya akan dicintai dan digunakan oleh masyarakat luas, baik nasional maupun internasional.

Kecintaan terhadap produk UMKM dan BUMDes menjadi tanggung jawab kita untuk terus kita gelorakan, bukan hanya amplifikasinya tetapi juga perubahan sikap dan perilaku dengan membeli produknya, ucapnya.

Sumber : Antara

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 38 = 40