Ridwan Kamil : Beli produk sendiri agar berdikari di tengah ancaman resesi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak masyarakat melakukan bela negara dengan membeli produk dalam negeri.

Tujuannya agar ekonomi Indonesia tidak terkena ancaman resesi 2023.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil saat menjawab pertanyaan bagaimana sikap dan kontribusi bagi ekonomi negara saat bersilaturahmi dengan tokoh agama dan masyarakat Karawang di Lantai 3 Gedung Singaperbangsa, Komplek Kantor Bupati Karawang, Rabu (16/11/2022).

“Nasehat saya cuma satu Pak, tolong beli barang produk diri kita sendiri (produk dalam negeri), agar berdikari di tengah ancaman resesi,” kata dia.

Emil menyarankan masyarakat menggunakan produk yang diproduksi dalam negeri untuk kebutuhan sehari-hari.

Jangan ketergantungan dengan barang impor, jika ada barang buatan dalam negeri.

“Jadi caranya dengan beli barang dalam negeri, baik itu makanan, pakaian dari ujung kepala hingga ujung kaki. Ya kalau bisa dan bagus 100 persen,” ungkap dia.

Emil mencontohkan negara Srilangka yang bangkrut karena ketergantungan dengan produk impor termasuk untuk kebutuhan sehari-hari.

Sehingga saat kondisi impor tidak stabil misalnya karena Covid-19, contohnya kontainer sebagai alat transpoter produk impor langka, menjadi kesulitan mendapat produk impor dan harganya melambung.

“Itu pesan sehingga (saat) dunia gonjang ganjing, kita berdikari. Tapi memang dunia terancam resesi ekonomi pada 2023, ibarat mati lampu, ekonomi Indonesia diprediksi tetap terang. Hal ini harus didukung bela negara membeli produk dalam negeri.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersam istri Atalia Praratya Kamil melaksanakan Sarling (Siaran Keliling) Jawa Barat di Kabupaten Karawang, pada Rabu (16/11/2022).

sumber : Tribun

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 18 = 21